Jumat, 24 Juni 2011

Faktor Penyebab Gangguan Printer,,,


Beberapa hal yang menyebabkan printer mengalami gangguan akibat prilaku pengguna adalah :
- Printer dibiarkan lama tidak terpakai.Saat printer dipakai, maka tinta akan mengalir dalam dalam cartridge ke permukaan cartridge sebelum kemudian dicetak ke kertas. Printer yang tidak dipakai dalam kurun waktu yang lama, sehingga printhead/ cartridge mengalami kerusakan. Perlu diketahui bahwa tinta adalah sebuah bahan kimia, jika mengendap lama pada permukaan cartridge / printhead maka dipastikan akan terjadi proses pengendapan/ pengkristalan. Hal ini tentu saja akan menyumbat pori-pori cartridge yang berujung pada kualitas saat mencetak sangat buruk, atau bahkan pada kasus akut tidak keluar sama sekali.
- Membiarkan terbuka tutup printer saat tidak dipakai.Printer-printer terbaru sekarang dilengkapi dengan penutup printer, seperti canon, tutup printer hadir mulai canon Pixma IP 1000, untuk merk HP dan LEXMARK sejak awal produksi sudah didesain memiliki penutup. Tujuannya agar saat tidak dipakai, printer bisa ditutup (tempatnya biasa pada masuknya kertas). Sehingga, printer terhindar dari masuknya benda-benda asing (semisal sobekan kertas, kawat, uang logam, serpihan kayu dan lain-lain) ke dalam printer dari tray (masuknya) kertas. Gangguan yang sering dari masuknya benda-benda asing adalah proses penarikan kertas mengalami kegagalan dan tentu saja printer tidak mau bekerja. Untuk merk Epson, sepengetahuan penulis hingga varian terbarunya masih belum dilengakpi dengan penutup ini, sehingga untuk langkah amannya bisa menggunakan kain penutup.
- Merefill / mengisi ulang cartridge dengan merk tinta yang berlainan.Masing-masing produsen tinta memiliki komposisi zat kimia yang berbeda, walaupun secara fisik memiliki kesamaan warna. Hal ini terutama pada tinta-tinta yang kompatibel (tinta bukan bawaan dari produsen). Bila sudah cocok dengan suatu merk tinta kompatibel, maka pada refill berikutnya disarankan untuk menggunakan merk tinta yang sama. Untuk tinta-tinta dari produsen aslinya tidak ada masalah, menjadi masalah ketika menggunakan tinta-tinta yang kompatibel (tinta yang bukan bawaaan dari produsen).

Tip aman melakukan refill cartridge printer:a. Pastikan jenis tinta sesuai dengan merk printer, untuk printer canon gunakan tinta khusus untuk canon, demikian seterusnya untuk printer merk lainnya. Biasanya produsen tinta mencantumkan keterangan ini pada kemasan botol / box tinta refill.
b. Jika terpaksa menggunakan tinta yang berlainan merk, upayakan agar sisa tinta lama sudah habis. Jika sudah dipastikan tinta lama habis, tinta merk baru bisa diisikan.
c. Jangan membiarkan cartridge kosong (tinta habis sama sekali) dalam waktu lama, karena hal ini menyebabkan cartridge menjadi kering. Kecuali, untuk kepentingan tertentu dan sesaat seperti pada point b. Segera refill cartridge bila printer memberi laporan tinta sudah low/ mau habis.
d. Ketahui dengan pasti berapa seharusnya volume tinta yang aman untuk diisikan untuk satu jenis warna. Pada banyak kasus, karena pengisian tidak terukur mengalami kelebihan sehingga luberannya bercampur dengan warna yang lain. Hasilnya, tentu saja hasil cetakan tidak sesuai dengan yang terpampang di monitor. Biasanya volume petunjuk pemakaian tertera pada box tinta, simaklah !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

trimaksih ,,,,